Advertisement here

Mengenal koneksi Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Mengenal koneksi Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Konesi ,Pasti semua pembaca sudah tahu apa itu koneksi ?
pasti sudah banyak yang membayangkan koneksi internet ya ?
Oke lupakan saja koneksi internet  karena pada saat ini saya akan membahas tentang koneksi motor listrik 3 phasa ....

Pada dasarnya motor listrik mempunyai 6 terminal yaitu 
U-V-W dan X-Y-Z
Nah kan ada 6 terminal tuh padahal kan cuma ada 3 inputan pada listrik 3 phasa ... Terus gimana cara hubungkan motor dengan sumber listrik ?

Pengkoneksian pada motor listrik 3 phasa ada berbagai macam yaitu :
1.Koneksi DOL starter
2.Koneksi Star Delta
Sebelum saya bahas tentang hubung star delta 
terlebih dahulu saya akan menjelaskan hubungan DOL starter
DOL startyer atau Direct On line adalah penghubungan motor listrik secara langsung dengan sumber dengan menggabungkan 3 terminal x-y-z secara seri antara satu dengan yang lainnya
pada umumnya hubung DOL starter ini hanya membutuhkan 1 kontaktor untuk membantu sebagai penghubung arus sumber ke beban motor listrik 3 phasa
untuk rangkaian kontrol dan dayanya sendiri dapat dilihat dibawah ini :

Lanjut ke Topik utama yaitu Koneksi atau hubung Star Delta
Rangkaian star delta adalah sirkuit yang paling sering dipakai buat mengoperasikan motor tiga phasa yang  memiliki cukup besar daya. Untuk menggerakkan motor tersebut memang diperlukan daya awal yg besar, serta dengan jenis rangkaian ini dimana rangkaian star dipakai hingga semuanya menjadi stabil akan rangkaiannya dirubah jadi delta.
 Rangkaian ini memiliki fungsi  yaitu mengurangi jumlah arus start disaat motor untuk pertama kalinya dihidupkan. Karena fungsi inilah, star delta paling banyak digunakan pada system starting di motor-motor listrik. Pemakaian rangkaian ini akan mengurangi lonjakan arus-listrik pada saat motor di starter. Prinsip kerjanya adalah dengan membuat star awal menjadi tidak dikenakan tegangan secara penuh, yaitu dengan cara dihubungkan dengan star. Kemudian saat motor telah berputar serta arus menjadi menurun, fungsi timer pun berjalan yang akan memindakan dengan otomatis rangkaian menjadi delta. Dengan berubahnya menjadi delta, maka arus yang melalui motor akan menjadi penuh.

untuk gambar penghubungan star delta pada motor adalah seperti ini
nah koneksi terminal ini dikombinasikan dengan rangkaian daya dan kontrol sebagai berikut 
untuk rangkaian kontrol ini menggunakan timer untuk mengatur berapa lama motor berjalan dengan sistem star atau bintang.Dengan adanya timer ini maka dapat dipastikan bahwa rangkaian ini berkerja secara semi otomatis . jadi setelah pb atau push button ditekan maka arus akan menghidupkan kontaktor 1 dan 2 yang mana kontaktor 2 adalah star dengan waktu setting tertentu dan kemudian diteruskan dengan hubung segitiga atau delta.

kenapa menggunakan 3 kontaktor ?
sebenarnya ini untuk standarisasi dan pengamanan motor agar lebih tahan lama dan tidak cepat rusak .
apakah bisa star delta dengan 2 kontaktor ?
tentu bisa karena 1 kontaktor pada star delta berguna untuk pembantu dan kontaktor lain adalah kontaktor star dan delta.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Dasar Listrik,Motor Listrik,Tips